10 Game Moba Terbaik di Indonesia Wajib Dicoba Para Gamers!

Ilustrasi game moba terbaik
Sumber foto: Gradikaa Aggi on Unsplash

Halo pengguna smartphone dan para gamers, sebagian dari kalian pasti sudah tidak asing lagi dengan game moba terbaik seperti Mobile Legends: Bang Bang dan lain-lainnya.

Game tersebut beberapa tahun terakhir diminati oleh banyak kalangan mulai dari anak-anak, remaja, bahkan orang tua juga ada yang main game tersebut.

Tidak hanya dimainkan, sekarang bahkan sudah banyak gamers yang berprofesi sebagai pro player untuk beberapa game tersebut karena saat ini ada berbagai kompetisi yang mempertandingkan game semacam Mobile Legends: Bang Bang.

Sebenarnya apa sih yang dimaksud dengan game moba? Game moba adalah singkatan dari game multiplayer online battle arena.

Seperti namanya game moba menghadirkan pertandingan atau pertarungan antara pemain game di satu arena secara online dan real time.

Karena hal tersebut game ini sangat diminati oleh banyak kalangan, dimana setiap pemain bisa bertarung dengan pemain yang lain dari belahan dunia manapun.

Hal ini berbeda dengan game yang sifatnya offline di mana kita hanya bisa bermain melawan komputer atau multiplayer yang sifatnya tidak seperti game moba.

Di Indonesia game moba didominasi oleh game-game online yang bisa dimainkan baik di Android maupun iOS.

Ada banyak sekali jenis game moba yang beredar di Indonesia, berikut adalah 10 game moba terbaik di Indonesia yang wajib dicoba oleh para gamers.

1. Mobile Legends: Bang Bang

Game moba terbaik pertama yang wajib kalian coba adalah mobile Mobile Legends: Bang Bang. Game ini bisa dimainkan baik di Android maupun di iOS.

Game moba Mobile Legends sangat populer di Indonesia, salah satu penyebabnya adalah gameplaynya yang sangat menarik dan mudah untuk dimainkan.

Salah satu kelebihan dari game yang dirilis pada tahun 2016 ini bisa dimainkan di smartphone dengan spesifikasi yang biasa-biasa saja.

Game moba Mobile Legends menggunakan konsep 5 lawan 5, di mana pemain dalam satu tim harus bekerja sama untuk menghancurkan turret lawan.

Tim yang paling cepat menghancurkan seluruh turret lawan yang berada di 3 land akan keluar sebagai pemenangnya.

Sampai saat ini game mobile legends sudah memiliki puluhan Hero yang membuat permainan semakin menarik.

2. Arena of Valor

Game moba terbaik kedua yang cukup populer di Indonesia adalah Arena of Valor atau AOV.  Game ini datang sebagai salah satu kompetitor dari game moba Mobile Legends. 

Secara prinsip sebenarnya tidak ada perbedaan yang mendasar antara AOV dan Mobile Legends. Karena secara model permainan AOV juga menggunakan gameplay 5 lawan 5.

Yang membedakan antara AOV dengan Mobile Legends adalah pilihan Hero dan juga skill yang ada dalam permainan tersebut.

Seperti mobile legends game moba aov juga bisa dimainkan di Smartphone baik Android maupun iOS dengan spesifikasi yang biasa-biasa saja.

3. League of Legends: Wild Rift

Game moba terbaik ketiga yang wajib dicoba oleh para gamers adalah League of Legends: Wild Rift. Game ini bisa dimainkan di Android maupun iOS.

Game ini merupakan salah satu pengembangan dari game League of Legends yang ada di PC.

Salah satu kelebihan dari game ini adalah grafiknya yang cukup bagus sehingga membuat pemain dimanjakan dengan game ini.

4. Pokemon Unite

Game keempat yang wajib dicoba oleh para gamers penyuka moba adalah Pokemon Unite. Game ini bisa dimainkan di tiga perangkat yang berbeda yaitu Android iOS dan Nintendo Switch.

Gemini cocok untuk para gamers yang menyukai pokemon atau mengikuti serial anime dari pokémon.

Dalam game ini terdapat berbagai model gameplay yang bisa dimainkan mulai dari pertarungan 5 lawan 5 sampai penjelajahan untuk mendapatkan poin dan meningkatkan kekuatan pokemon.

5. DOTA 2

Dota 2 menjadi game moba terbaik selanjutnya yang wajib kalian coba. Namun tidak seperti game lainnya Dota 2 hanya bisa dimainkan di PC.

Dota 2 sendiri merupakan permainan 5 lawan 5 dengan berbagai pilihan hero yang bisa digunakan oleh pemain.

Selain hero yang banyak di dalam game Dota 2 juga terdapat banyak pilihan skin yang bisa dikoleksi baik yang gratis maupun yang berbayar.

6. Lokapala

Lokapala adalah salah satu games moba buatan anak bangsa. Game ini bisa dimainkan di Android maupun iOS.

Untuk kalian para pecinta game Indonesia tentunya wajib sekali untuk mencoba Lokapala.

Salah satu yang unik dalam game ini adalah karakter dan juga heronya terinspirasi dari berbagai karakter dan juga mitos yang berkembang di Indonesia.

Ada beberapa perbedaan atau ciri khas yang membuat kalian wajib mencoba game Lokapala.

Salah satu yang membedakan game Lokapala  dengan game moba terbaik lainnya adalah adanya fitur raksasa dan juga ganking land yang bisa dijadikan sebagai strategi alternatif untuk mengalahkan musuh.

7. Vainglory

Game moba terbaik selanjutnya yang wajib dicoba oleh para gamers adalah Vainglory. Game moba ini bisa dimainkan di Android maupun iOS.

Pada awalnya game moba ini menggunakan gameplay 3 lawan 3 namun seiring berjalannya waktu dan juga mengikuti perkembangan game ini berubah menjadi 5 lawan 5.

Untuk grafis dan juga detail dari game ini bisa dibandingkan dengan game-game moba terbaik yang lain dan yang paling penting game ini tidak perlu menggunakan smartphone dengan spesifikasi yang gahar.

8. Marvel Super War

Game moba terbaik selanjutnya yang wajib dicoba oleh gamers adalah Marvel Super War, seperti namanya game ini pasti karakter atau heronya adalah karakter dari Marvel Universe.

Untuk gameplaynya sendiri hampir mirip dengan game moba pada umumnya yaitu pertarungan 5 lawan 5.

Untuk game ini sendiri bisa dimainkan di Android maupun iOS dengan mengunduhnya di Playstore atau AppStore.

Salah satu kelebihan dari game ini, para player pastinya sudah tidak asing lagi dengan karakter heronya karena rata-rata sudah pernah difilmkan.

Beberapa contoh karakter atau hero di game Marvel Super War adalah Iron Man, Hulk, Thor, dan masih banyak karakter lainnya.

9. Onmyoji Arena

Game moba terbaik selanjutnya adalah Onmyoji Arena. Game ini merupakan salah satu game yang cocok dimainkan oleh penyuka anime Jepang.

Karena sebagian besar karakter atau hero di dalam game ini merupakan karakter-karakter dari anime Jepang.

Selain karakter game ini secara gameplay, detail dan juga grafiknya sangat kental dengan nuansa anime Jepang.

10. Shellfire

Game obat terbaik selanjutnya adalah Shellfire, berbeda dengan beberapa jenis game moba pada umumnya game shellfire menyajikan sudut pandang orang pertama atau lebih dikenal dengan FPS.

Sebagai informasi game ini merupakan game yang dirilis oleh Telkomsel yang bekerjasama dengan developer.

Untuk gameplay dari game ini yaitu menyajikan pertarungan 5 lawan 5, akan tetapi juga ada beberapa mode pertempuran lainnya yang bisa dimainkan oleh player.

Hadirnya game Shellfire tentunya menjadi opsi dan juga alternatif bagi para gamers yang sudah bosan dengan moba yang begitu-begitu saja.

Itulah 10 game moba terbaik yang wajib dicoba oleh gamers baik di Android, iOS ataupun PC. Karena ada beberapa games asli buatan Indonesia, jadi kalian wajib mencobanya.