Apa itu Vocaloid, Sejarah, Hingga 3 Karakter Menarik Didalamnya.

Apa itu Vocaloid? Hatsune Miku
Sumber: wallpaperaccess.com

Apa itu Vocaloid? secara sederhana, Vocaloid merupakan gabungan antara musik dan lirik yang dimasukan di layar penyunting sesuai nyanyian dengan irangan musik yang diinginkan.

Selain mengenal apa itu Vocaloid, sejarah dari Vocaloid juga tidak kalah penting. Vocaloid pertama kali dirilis oleh Yamaha Corporation pada tanggal 26 Februari 2003. Vocaloid berasal dari kata “vocal” dan “android” yang berfungsi menghasilkan suara nyayian manusia.

Suara nyayian diambil dari “Pustaka kata” yang berisikan contoh dari penyanyi sebenarnya. Lirik lagu yang dinyanyikan dalam bahasa Inggris, bahasa Korea dan bahasa Jepang.

Perusahaan Yamaha tidak menjual Vocaloid secara terpisah, melainkan dibundel dengan Pustaka suara produksi perusahaan pustaka suara yang mendapatkan lisensi atau izin dari Yamaha.

Teknik yang dipakai oleh Vocaloid adalah penyambungan dan pembentukan (pengucapan kata) dari nyayian dengan menggunakan Domain Frekuensi (Frequency-Domain Singing Articulation Splicing and Shaping). Pemercontohan (sampling) rekaman dari suara profesional diolah dengan cara Domain Frekuensi. Hasil dari penggabungan tersebut akan dimasukan kedalam basis data “artikuasi nyanyian” yang berisikan potongan suara dan teknik dalam bernyanyi.

Secara singkat, apa itu Vocaloid merupakan sebuah perangkat lunak yang membuat sebuah lagu dan nyanyian tanpa perlu seorang penyanyi (vokalis). Dari perangkat tersebut hanya perlu memasukkan lirik lagu ke dalam perangkat.

Proyek Vocaloid ini sebenarnya berkembang sudah sejak lama. Pada Januari 2004 ZeroG telah merilis produk Vocaloid pertama mereka yaitu Leon dan Lola yang dikhususkan untuk musik aliran soul yang dimana Leon dan Lola pertama kali muncul di acara NAMM Show pada 15 Januari 2004. Juli 2004, ZeroG merilis lagi Vocaloidnya yang bernama Miriam.

Pada 29 Juni 2007 munculnya Vocaloid 2 yang dirilis dari PowerFX. Vocaloid-vocaloid lain mengikuti seperti Crypton dengan Hatsune Miku dan ZeroG dengan ZeroG. Lagu generasi kedua ini masih sering dijadikan vokalis oleh berbagai artis dan musisi.

Setiap Vocaloid memiliki keahlian musik dan bahasa. Hatsune Miku, Kagamine Rin dan Kagamine Len dikhususkan untuk digunakan dalam lagu-lagu yang liriknya berbahasa Jepang. Sweet Ann dari PowerFX dan Sonika dari ZeroG dikhususkan untuk lirik berbahasa Inggris.

Vocaloid generasi pertama yaitu Leon, Lola dan Miriam dari ZeroG adalah Vocaloid berbahasa Inggris. Meiko dan Kato yang diproduksi oleh Crypton liriknya berbahasa Jepang.

Penjelasan di atas merupakan informasi mengenai apa itu vocaloid. Selanjutnya selain mengetahui mengenai apa itu vocaloid kita juga akan memahami mengenai karakter yang ada di dalam vocaloid.

Mengenal Hatsune Miku

Apa itu Vocaloid. Karakter Hatsune Miku
Sumber: Seputargame.com (Fikri)

Di atas kita membahas mengenai apa itu Vocaloid? Pada bagian ini, kita membahas mengenai salah satu karakter yang terkenal di dalam vocaloid.

Hatsune Miku merupakan produk perangkat lunak yang menghasilkan suara nyanyian wanita yang dirilis pada 31 Agustus 2007 oleh Cryton Future Media. Hatsune Miku sendiri dalam bahasa Jepang berarti (hatsu) Pertama, (ne) Suara dan (miku) Masa Depan yang memiliki arti “Suara Pertama Dari Masa Depan”.

Suara Miku berasal dari percontohan (sampling) suara Saki Fujita (Fujita Saki), seorang pengisi suara dari Jepang. Hatsune Miku juga melakukan konser-konser di atas panggung namun sebagai proyeksi hologram.

Hatsune Miku adalah generasi kedua dari Vocaloid dan dianggap paling terkenal di seluruh dunia. Sebuah versi update dari Miku yang disebut Hatsune Miku Append diriliris pada 30 Aplil 2010 yang berisikan 6 macam model suara dari Miku. Suara tersebut terdiri dari soft (lembut), sweet (kekanakan), dark (dewasa), vivid (bersemangat), solid (tinggi), dan light (polos).

Sejarah Hatsune Miku

Sebelum Miku muncul, orang kurang mengetahui mengenai apa itu Vocaloid yang membuat vocaloid tidak lebih dari sebuah program yang tidak dikenal. Situs video mirip YouTube Jepang Nico Nico Douga memainkan peran penting dalam mempopulerkan perangkat lunak ini.

Segera setelah dirilis, pengguna Nico Nico Douga mulai menampilkan video yang berisi lagu-lagu yang dibuat dengan perangkat lunak tersebut. Menurut Crypton, video populer adalah parodi Miku memegang daun bawang dan menyanyikan lagu Levan Polkka sekaligus membuat pengguna mulai mengetahui mengenai apa itu Vocaloid.

Ini menunjukkan bahwa aplikasi ini bisa memiliki banyak aplikasi potensial, meskipun Miku awalnya dirilis hanya untuk menyanyikan lagu-lagu Jepang.

Melalui website NND (Nico Nico Douga), para pengguna Miku mulai bekerja sama dan bertukar pikiran serta mempresentasikan karya setengah jadi mereka. Setelah itu, pengguna lain mulai memperbaiki karya mereka yang membuat banyak pengguna lain mulai tertarik dan mencari tau mengenai apa itu Vocaloid.

Pada tanggal 18 Oktober 2007, forum Internet melaporkan bahwa Miku diduga menjadi korban sensor oleh Google dan Yahoo karena gambar Miku tidak muncul dalam hasil pencarian. Namun Google dan Yahoo segera membantahnya, dengan mengatakan bahwa mereka memiliki masalah sistem yang menyebabkan kata kunci “Hatsune Miku” hilang.

Kedua perusahaan mengatakan mereka berencana untuk memperbaiki dan menyelesaikan masalah ini segera. Pada 19 Oktober, gambar Hatsune Miku mulai muncul di halaman pencarian Yahoo.

Pada tahun 2012, Hatsune Miku memenangkan ‘Idola dan Ikon Virtual yang Kamu Idolakan” di Olimpiade London 2012. Namun dengan kemenangan ini, Hatsune Miku juga menjadi korban penghapusan massal video terkait dari YouTube. Mereka menganggap video Hatsune Miku dianggapnya tidak pantas.

Tetapi sebenarnya tidak, tujuan pencopotan itu adalah untuk membalas kesalahan orang-orang yang ikut dalam nominasi tersebut. Penikmat Vocaloid juga mencoba untuk mengunggah ulang video yang telah dihapus dan mengirim pesan kepada tersangka dibalik kejadian tersebut untuk berhenti mengganggu Hatsune Miku.

3 Karakter Vocaloid selain Hatsune Miku yang Menggemaskan

  1. Megurine Luka

Apa itu Vocaloid. Megurine Luka
Sumber: zerochan.net (Miyumi)

Crypton “Character Vocal Series” menciptakan produk ketiga yaitu Megurine Luka. Sebenarnya, Luka disiapkan jadi karakter pertama dirilis dengan nama Hatsune Miku. Makanya kalau diperhatikan, sebenarnya Luka dan Miku punya banyak kemiripan pada sisi karakternya.

Pada pertama pengembangannya Luka dibuat untuk bisa menyanyi dalam bahasa Inggris maupun Jepang.  Sayangnya, Luka mesti mengalah hingga dua tahun demi pengembangan karakter yang sekarang kita kenal sebagai Hatsune Miku.

Pada 30 Januari 2009, Luka akhirnya dirilis meski dilahirkan setelah Miku. Karakter Luka digambarkan berumur lebih dewasa yaitu 20 tahun dengan berat badan 45-kilogram dan tinggi 162 sentimeter.

Suaranya sendiri diambil oleh pengisi suara sekaligus penyanyi yaitu Yuu Asakawa. Meski Luka merupakan produk generasi 2, perangkat lunaknya tidak luput dari pembaharuan hingga Vocaloid 4.

Berikut contoh vocaloid dari karakter Megurine Luka yang bisa disaksikan pada kanal YouTube dengan judul Megurine Luke – Leia.

2. IA

Apa itu Vocaloid. Karakter IA
Sumber: wall.alphacoders.com (Zachary)

Produk pertama dari proyek “Aria on The Planetes” adalah IA. Awalnya, IA dibikin untuk mengisi kekosongan Lia yang kariernya harus istirahat karena baru melahirkan.

Dirilis pada 27 Januari 2012, IA digambarkan dengan pesona perempuan berumur 15 tahun. IA memiliki rambut panjang dengan warna perpaduan putih dan merah muda dengan dua kepangan yang menjuntai pada pundaknya.

Karaker dari IA bisa didengarkan melalui kanal YouTube yang diunggah oleh 1st PLACE dengan judul IA – Congueror.

3. Kagamine Rin dan Len

Apa itu Vocaloid. Karakter Kagamine Rin dan Len
Sumber: vocaloidnews.net (Kuroi)

Rin dan Len dikembangkan oleh Crypton sebagai karakter kedua dari “Character Vocal Series”. Keduanya dirilis pada 27 Desember 2009 dan terus dikembangkan hingga Vocaloid 4. Awalnya banyak yang tidak menyangka mereka sebenarnya pacaran, namun pihak studio menyangkal hal tersebut dan menyebutkan bahwa keduanya merupakan saudara kembar.

Rin dan Len diciptakan untuk saling melengkapi. Suara dan tampilan mereka yang saling melengkapi tersebutlah yang membuat Rin dan Len sering dijadikan pasangan duet.

Vocaloid dari karakter Kagamine Rin dan Len dapat disaksikan pada kanal YouTube ThatCylindrical dengan judul Kagamine Len dan Rin – Servant of Evil.


Itulah penjelasan mengenai apa itu Vocaloid, sejarah, dan beberapa karakter Vocaloid lainnya. Dari beberapa karakter tersebut, yang mana menjadi favorit kalian? Share infomasi ini kepada yang lainnya supaya banyak pengguna yang mulai mengetahui mengenai apa itu Vocaloid.

Baca juga artikel menarik lainnya dari Esportsnesia:

Apa itu Cosplay?