Review Game Indie World of Cube yang Rilis Tahun 2022

world of cube
Game World of Cube

World of Cube merupakan salah satu game yang baru saja rilis tahun ini di steam, game World of Cube merupakan salah satu game besutan dari Ladder Games.

Game ini dirilis pada 10 Agustus 2022 yang lalu dan merupakan salah satu game yang memiliki genre action, casual, dan indie. Pada game ini player akan diajak untuk berpetualang pada sebuah ruangan.

Dimana pada ruangan-ruangan tersebut akan ada berbagai rintangan dan hambatan, untuk melalui rintangan dan hambatan tersebut maka player harus menggeser-geser balok yang tersedia.

Penasaran apakah game ini layak untuk dibeli di steam atau tidak? Kalian bisa mencoba untuk menyimak review gamenya berikut ini ya.

1. First Impression

Untuk kalian yang menyukai game petualangan seperti minecraft atau kalau di smartphone adalah juga world of cubes bisa mencoba untuk memainkan game ini. Salah satu yang cukup membuat game ini unik ketika dimainkan adalah kita sebagai player harus pintar-pintar mencari strategi agar bisa melewati rintangannya.

Apalagi karena kubus yang bisa dipindah-pindah terbatas maka jika kalian memainkan game ini harus pintar-pintar untuk menentukan letak kubus yang paling tepat agar kalian bisa melanjutkan perjalanan dimana.

Game ini hampir mirip dengan teka-teki dimana kita sebagai player harus mencari letak kubus yang paling tepat, jadi penulis merasa bahwa game ini cocok untuk anak-anak sampai dewasa dan cocok untuk mengisi waktu luang sembari mengasah kemampuan.

Untuk diruangan awal-awal kubus yang harus dipindahkan masih terbilang mudah akan tetapi semakin maju maka kubus-kubus yang harus dipindahkan semakin rumit dan tidak hanya satu kubus yang harus dipindahkan.

Melainkan kalian harus memindahkan beberapa kubus sekaligus untuk membuat jalan agar kalian bisa melewati ruangan tersebut dan berpindah ke ruangan selanjutnya. Untuk masalah grafik game world of cube ini cukup interaktif jadi tidak akan membuat kalian bosan jika memainkannya.

Ketika memainkan game ini penulis menggunakan laptop dengan spesifikasi biasa saja dan tidak terjadi kendala asalkan jaringan internet kalian lancar jaya. Untuk spesifikasinya adalah sebagai berikut:

Windows 10 Pro

Prosesor Intel Core I3

4 GB RAM

Intel ® HD Graphics 520

2. Review Game World of Cube

2.1 Aspek Interface Game World of Cube

Untuk review dari sisi tampilan antar muka sendiri game ini cukup sederhana dan simpel namun tetap elegan dan tidak terkesan game lawas. Untuk pilihan menu dan juga tombol-tombol saat memasuki game ini cukup sederhana sehingga memudahkan playernya ketika memasuki game ini.

Dimana pada saat kalian memasuki game ini untuk pertama kalinya hanya ada empat menu utama yaitu start untuk memulai game, setting untuk menyesuaikan pengaturan yang ada di dalam games tersebut dan credits untuk melihat pengembang game tersebut dan menu yang terakhir adalah exit untuk keluar dari game World of Cube.

Penulis cukup merasa kebingungan ketika pertama kali membuka game ini karena sama sekali tidak ada tutorial untuk pertama kalinya, begitu pula ketika memasuki game untuk pertama kalinya tutorial memainkannya sangat sederhana.

Hal tersebut membuat kalian harus mengeksplorasi sendiri terkait dengan cara bermain dan cara memecahkan masalahnya seperti apa. Dalam game ini tidak ada seperti item yang akan membantu kalian memecahkan masalah dan lain sebagainya.

Memasuki interface ketika sudah memainkan gamenya cukup interaktif karena selain terhampar kubus-kubus warna biru tua, kalian akan mudah sekali menemukan kubus mana yang bisa digeser-geser.

Hal tersebut dikarenakan kubus yang bisa digeser-geser memiliki warna tersendiri sehingga lebih mudah ditemukan. Untuk kontrolnya sangat mudah karena hanya ada beberapa tombol yang perlu kalian hafalkan, seperti tombol w untuk maju ke depan, a untuk ke samping kiri dan beberapa tombol lainnya.

2.2 Aspek Control

Untuk aspek control dari game World of Cube awal-awal sebenarnya cukup membingungkan terutama untuk pemula yang jarang memainkan game di PC, untuk tombol di keyboard yang digunakan adalah tombol W, S, A , D, L Shift, Space, serta klik kanan dan kiri pada mouse. Sementara untuk melakukan pause pada game bisa menggunakan tombol ESC.

2.3 Aspek Pacing

Game World of Cube tidak menyita terlalu banyak waktu karena meski kalian bermain sebentar akan tetap merasakan progres kemajuannya jika kalian login kembali. Untuk levelnya sendiri game ini tidak ada level-level seperti game pada umumnya akan tetapi semakin jauh kalian menyusuri ruang maka hambatannya juga semakin sulit.

Dimana di level awal kalian hanya cukup untuk memindahkan satu kubus maka semakin lama kalian berjalan di ruang-ruang tersebut harus memindahkan banyak kubus agar bisa lewat.

Hal ini yang biasanya menghabiskan banyak waktu jika kalian tidak memiliki strategi yang tepat kubus mana yang harus dipindahkan terlebih dahulu.

2.4 Aspek Difficulty

Untuk aspek kesulitan sendiri dalam game World of Cube tidak ada menu yang secara khusus mengatur tingkat kesulitan dari game ini. Dimana game ini sebenarnya lebih seperti teka-teki kubus harus dipindahkan kemana agar player bisa melewati rintangan sehingga bisa melanjutkan perjalanan ke ruangan selanjutnya.

Dari sisi tujuan sendiri tujuan utama dari game ini adalah memindahkan kubus yang ada di depan agar kalian bisa lewat sampai kalian bisa menemukan akhir dari ruangan tersebut dan gamenya akan berakhir.

Salah satu yang cukup membuat kesulitan pada game ini adalah ketika kalian salah langkah dan terjatuh maka akan membuang-buang waktu

2.5 Aspek Grafik

Game World of Cube
Game World of Cube

Seperti yang sudah disinggung di atas bahwa grafik yang disajikan pada game World of Cube cukup bagus, meskipun tidak sebagus game-game yang banyak dimainkan oleh para gamers.

Untuk settingan grafik pada game ini tidak terlalu minimalis sehingga bisa disesuaikan dengan kebutuhan serta spesifikasi dari laptop atau pc kalian. Untuk settingan dari grafik pada game ini seperti resolution scale, anti-aliasing, texture, shadow, effects dan beberapa settingan lainnya.

2.6 Aspek Audio

Meski hanya game petualangan yang secara gameplay bisa dibilang sederhana namun dalam game ini ada pengaturan audio yang bisa disesuaikan dengan keinginan kalian. Pada game ini untuk settingan audio cukup sederhana seperti game-game pada umumnya.

Namun yang cukup penulis apresiasi pada game ini adanya sound effects yang memberikan nuansa semakin nyata ketika memainkan game ini. Untuk pengaturan dari audio World of Cube adalah master volume, environment, dan sound effects.

3. Akhir Kata

Jadi game World of Cube merupakan game petualangan yang bisa mengasah kemampuan dan kreativitas yang kalian miliki. Game ini membuat kalian menjadi lebih pintar dalam menentukan strategi yang tepat untuk menyelesaikan atau bisa melewati rintangan yang ada di depan. Untuk kekurangan dari game ini secara umum tidak banyak hanya beberapa poin kecil saja.

Secara keseluruhan penulis merasa puas dengan game sederhana ini dan cocok untuk kalian yang menyukai game petualangan serta strategi.