KODA GAMERS CLUB Gelar Pokemon TCG Newbie League untuk Lestarikan Komunitas Game Kartu Koleksi Pokemon

Medan, 20 Oktober 2022 – Berkomunitas merupakan salah satu cara untuk saling peduli ataupun bercanda gurau satu dengan yang lainnya. Dimana di dalam sebuah komunitas, terjadi hubungan yang tercipta dikarenakan kesamaan. Baik itu saling menyalurkan hobi ataupun sekedar berkumpul dalam mengerjakan sesuatu.

Liga Pokemon yang diselenggarakan oleh Newbie League dari Komunitas Pokemon KGC: KODA GAMERS CLUB merupakan salah satu bentuk dari komunitas. Event yang diadakan oleh komunitas Pokemon ini bertujuan untuk melestarikan game kartu Pokemon sekaligus upaya dari komunitas Pokemon agar semakin besar komunitas dari Pokemon kedepannya.

“Motivasinya sih supaya komunitas Pokemon itu makin gede, dari yang gatau Pokemon jadi tau Pokemon dan untuk membuat solidaritas komunitas Pokemon yang asik aja sih, biar orang-orang yang suka atau tau Pokemon untuk sharing di sini,” ucap Yoga selaku Community Leader dari AKG Games.

Liga Pokemon TCG (Trading Card Game) merupakan sebuah game kartu Pokemon yang dimana pemain akan bertanding 1 melawan 1 dengan pemain lainnya. Pertandingan ini akan menggunakan kartu serta efek-efek unik yang ada di dalam kartu Pokemon.

Newbie League merupakan event ketiga yang di adakan oleh Koda Gamers Club (KGC) yang mendapatkan dukungan (support) oleh AKG Gamers dan KGC.

Pada liga Pokemon ini, diusungkan dengan tema newbie-friendly dimana bagi yang baru mempunyai starter deck atau deck baru yang belum dimodifikasi bisa mengikuti kegiatan ini.

“Seperti namanya ini liga bersifat newbie-friendly dimana yang baru punya stater deck (deck baru yang belum di modif) bisa ikutan. Bahkan bagi yang belum ada deck bisa pinjam deck community yang kita sediakan,” ujar Community Leader yang merupakan salah satu anggota dari AKG Games.

Untuk peserta yang tertarik mengikuti event ini tidak perlu khawatir apabila tidak mempunyai kartu (deck). Komunitas Pokemon dan juga panitia telah menyediakan deck untuk digunakan oleh anggota yang tidak memiliki deck.

Newbie League dari komunitas Pokemon ini tidak dipungut biaya alias gratis. “Mungkin bisa kita tekankan juga kalau event kita ini tidak dipungut biaya apapun,” ungkap Yoga.

Kegiatan yang berlangsung dari tanggal 17 hingga (22/10/2022) ini akan diisi dalam 2 kegiatan. Pada 17 – 21 Oktober 2022, partisipan akan mencari poin sebanyak-banyaknya.

Setelah itu pada (22/10/2022) akan di adakannya semifinal dan final. Poin tertinggi dari 4 partisipan akan ikut serta dalam semifinal.

Bagi peserta yang berhasil menjadi pemenang akan mendapatkan beberapa Booster Pack dan Voucher KODA. Wah bisa digunakan kembali hadiahnya apabila mengikuti event-event selanjutnya ya.

Cara Bermain Pokemon TCG

Dalam Pokemon TCG, setiap pemain bisa memperoleh kemenangan apabila mendapatkan 6 dari prize card atau poin card yang ada di arena. Kemenangan khusus pun bisa terjadi apabila Pokemon lawan yang sedang bertarung mengalami kekalahan dan lawan sudah tidak memiliki Pokemon cadangan.

Kemenangan lain pun bisa didapatkan oleh pemain. Apabila lawan sudah tidak bisa melakukan draw kartu dari deck dikarenakan deck dari kartu-kartu sudah habis, maka pemain tersebut dikatakan kalah pada pertandingan.

Pada cara bermain atau tutorial dari bermain Kartu Pokemon TCG ini bisa disaksikan pada kanal YouTube dari Hyper Potatoes!! dengan judul Tutorial Cara Bermain Kartu Pokemon TCG Indonesia.

Peserta yang Tidak Memiliki Kartu dan Tidak Mengerti Cara Bermain

Yoga selaku Community Leader pada acara tersebut mengatakan bahwa bagi peserta yang tidak memiliki kartu (deck) tidak perlu khawatir dalam mengikuti acara ini. Para panitia maupun komunitas Pokemon akan meminjamkan kartu untuk digunakan dalam permainan.

“Kita juga ada beberapa anggota yang tidak memiliki deck. Tapi mereka tetap bisa ikut karena di komunitas kita disediakan deck untuk mereka pakai di event ini,” ungkap Yoga selalu Community Leader.

Yoga juga menambahkan bahwa bagi yang tidak mengerti cara bermain kartu Pokemon akan di ajarkan oleh panitia dan komunitas pokemon di tempat acara event berlangsung. “Kalau misal susah dimengerti bisa langsung datangi CODA aja, nanti anggota komunitas kita bakal coba ajarin cara mainnya”.

“Cara main Pokemon TCG sih lebih sederhana dibandingkan TCG lain seperti YuGiOh” ucap Yoga sebagai Community Leader dalam kegiatan Newbie League dari Komunitas Pokemon KGC: KODA GAMERS CLUB.

Teknis Pelaknsanaan Newbie League

Bagi yang tertarik mengikuti kegiatan Newbie League dari Komunitas Pokemon KGC, Yoga selaku Community Leader mengungkapkan teknis pelaksanaan dalam acara tersebut. Bagi yang tertarik mengikuti acara ini, peserta bisa melakukan kontak personal terlebih dahulu untuk daftar sekaligus akan diundang kedalam sebuah grup Whatsapp.

“Pertama peserta bisa chat contack person dulu untuk daftar, terus nanti akan diinvite ke sebuah grup Whatsapp. Nah di dalam grup itu, silahkan berkomunikasi dengan anggota lain dan menentukan jadwal pertandingannya mau di hari apa dan jam berapa.

Untuk mendapatkan banyak poin, tentunya partisapan harus menang melawan banyak partisipan. 4 partisipan dengan point tertinggi akan dipertandingkan di hari sabtunya dengan sistem gugur,” ujar Yoga melalui pesan pribadi Whatsapp.

Motivasi dan Harapan Kegiatan Newbie League dari Komunitas Pokemon KGC

Yoga berharap kedepannya bahwa kegiatan ini bertujuan supaya membuat komunitas dari Pokemon semakin besar. Komunitas Pokemon ini juga berkeinginan untuk bisa menyelenggarakan event-event yang lebih besar dikedepannya.

“Harapan kedepannya sih, semoga komunitas kita makin gede, terus kita bisa selenggarakan event yang lebih gede lagi kedepannya. Dari yang ga tau Pokemon jadi tau Pokemon.

Untuk membuat komunitas Pokemon yang asik, biar ada orang-orang yang suka atau tau pokemon untuk sharing di sini,” ungkap Yoga.