Turnamen Mobile Legends M3, Turnamen dengan Hadiah Fantastis

Turnamen Mobile Legends M3 tahun 2021
Turnamen Mobile Legends M3 tahun 2021

Turnamen Mobile Legends M3 merupakan salah satu turnamen bergengsi untuk player game moba Mobile Legends: Bang Bang yang hadiahnya sangat fantastis.

Bagi pro player game moba  tentunya mengikuti berbagai turnamen baik kelas nasional maupun internasional merupakan sebuah mimpi dan jalan kesuksesan.

Dengan mengikuti berbagai turnamen maka akan menambah jam terbang dan juga skill yang dimiliki sebagai player.

Esports dalam beberapa tahun terakhir memang mengalami perkembangan yang sangat luar biasa, dulunya cabang olahraga ini dianggap remeh karena hanya sebatas game, namun belakangan cabang olahraga ini sudah dimasukkan ke dalam beberapa event olahraga seperti SEA Games.

Semakin terkenalnya cabang esports sebagai salah satu cabang olahraga, secara otomatis membuat banyak promotor menyelenggarakan berbagai turnamen.

Salah satunya adalah turnamen untuk game Mobile Legends Bang Bang, turnamen yang cukup berkelas di kalangan player Mobile Legends adalah turnamen Mobile Legends M3.

Sejarah Singkat Turnamen Mobile Legends M3

Turnamen Mobile Legends M3 merupakan salah satu turnamen untuk game Mobile Legends yang diselenggarakan secara tahunan dan diikuti oleh berbagai tim dari seluruh dunia.

Turnamen Mobile Legends M3 diprakarsai langsung oleh Moonton selaku developer dan juga pengembang dari game Mobile Legends Bang Bang.

Sebagai sebuah turnamen yang berlabel World Championships tentunya turnamen ini memiliki prestise yang sangat tinggi di kalangan player Mobile Legends.

Turnamen Mobile Legends World Championship ini  sudah digelar sejak tahun 2019 atau yang dikenal dengan M1. Kemudian dilanjutkan pada tahun 2020 yang disebut dengan M2. Dan terakhir adalah kejuaraan dunia Mobile Legends M3 yang diselenggarakan pada tahun 2021.

Untuk turnamen Mobile Legends M3 diselenggarakan pada akhir tahun 2021 tepatnya 6-19 Desember 2022.

Turnamen Mobile Legends M3 tahun 2021 diselenggarakan di Singapura dan diikuti lebih dari 16 tim.

Untuk 16 tim yang berkompetisi di turnamen Mobile Legends M3 berasal dari berbagai negara seperti Asia, Amerika Selatan dan Eropa.

Jadi sudah dipastikan bahwa turnamen Mobile Legends M3 merupakan salah satu turnamen paling bergengsi untuk player game Mobile Legends.

Untuk turnamen Mobile Legends M3 yang sudah digelar akhir tahun lalu menggunakan format secara offline.

Yang keluar sebagai juara pada turnamen Mobile Legends M3 tahun 2021 adalah tim Blacklist International dari Filipina.

Salah satu yang cukup menarik dalam turnamen ini adalah hadiahnya yang sangat fantastis. Di mana penyelenggara turnamen menyediakan total hadiah senilai 800.000 dolar AS atau sekitar Rp. 11,3 miliar.

Pada kejuaraan yang diselenggarakan di Singapura tersebut ada dua perwakilan tim asal Indonesia yaitu Onic Esports dan RRQ Hoshi.

Daftar Juara Turnamen Mobile Legends World Championships

Untuk kalian yang ingin mengetahui siapa saja yang pernah menjuarai turnamen Mobile Legends World Championships, berikut adalah daftar lengkapnya.

M1 Tahun 2019 di Malaysia

Juara 1 : Evos Legends (Indonesia)

Juara 2 : RRQ Hoshi (Indonesia)

M2 Tahun 2020 di Singapura

Juara 1 : Bren Esports (Filipina)

Juara 2 : Burmese Ghoul (Vietnam)

M3 Tahun 2021 di Singapura

Juara 1 : Blacklist International (Filipina)

Juara 2 : Onic PH (Filipina)

Profil Tim Indonesia Juara Turnamen Mobile Legends World Championships

1. EVOS Esports

Seperti yang sudah disinggung di atas bahwa pada turnamen Mobile Legends M1 juaranya berasal dari tim Indonesia yaitu tim Evos Legends.

Mungkin sebagian dari kalian belum mengetahui terkait dengan profil Evos Legends yang masuk dalam bagian dari Evos Esports.

Evos esports sendiri sebelumnya dikenal dengan nama Zero Latitude, yaitu merupakan organisasi esports profesional yang berbasis di Jakarta Indonesia.

Pendiri dari Evos esports adalah Ivan Yeo yang merupakan salah satu pemain profesional di game moba seperti Mobile Legends, Arena of Valor, Free Fire bahkan PUBG Mobile.

Evos Esports untuk divisi game Mobile Legends Bang Bang memiliki dua perwakilan di dua negara langsung yaitu Indonesia dan Singapura.

Evos esports Indonesia sudah berkecimpung di berbagai turnamen sejak lama, bahkan Evos Esports merupakan salah satu tim yang bermain di MPL Indonesia season 1, namun sayang pada saat turnamen tersebut Hasil kurang memuaskan didapat oleh Evos esports.

Pasalnya Evos esports hanya menjadi runner-up setelah kalah dari lawannya yaitu tim NXL, baru pada MPL Indonesia season 4 Evos esports berhasil menjadi juara setelah mengalahkan lawannya di final.

Hasil tersebutlah yang berhasil mengantarkan Evos Esports mewakili Indonesia di ajang turnamen Mobile Legends M1 tahun 2019 yang lalu.

Untuk anggota Evos Legends sendiri ada beberapa pemain yang diantaranya adalah pemain Tim Nasional Indonesia di cabang olahraga esports Mobile Legends.

2. RRQ Hoshi

Selanjutnya kita akan membahas profil dari tim RRQ Hoshi yang merupakan runner-up turnamen Mobile Legends M1 karena dikalahkan oleh sesama Tim Indonesia lainnya yaitu Evos Legends.

RRQ Hoshi merupakan bagian dari tim esports Rex Regum Qeon (RRQ) yang berbasis di 4 negara berbeda yaitu Indonesia Filipina, Thailand dan Brazil.

RRQ sendiri selain divisi Mobile Legends juga ada 5 divisi lainnya yaitu Valorant, League of Legends: Wild Rift, PUBG Mobile, Free Fire, FIFA, dan Sausage Man.

Tim ini sudah ada sejak tahun 2013 dan sampai sekarang sudah memenangkan lebih dari 200 turnamen esports baik yang levelnya nasional maupun internasional.

Tim RRC sendiri didirikan oleh Riki K. Suliawan dan saat ini memiliki lebih dari 40 atlet esports di 4 negara yang menjadi basis dari RRQ.

Untuk di Indonesia sendiri beberapa pemainnya merupakan pemain Tim Nasional esports Indonesia.

Untuk prestasi dari tim RRQ Indonesia sendiri sudah sangat banyak misalnya RRQ sudah menjuarai MPL Indonesia sebanyak 4 kali, yaitu MPL Indonesia season 2, season 5, season 6 dan yang terakhir adalah season 9.

Kapan Turnamen Mobile Legends M4?

Karena turnamen Mobile Legends merupakan turnamen tahunan, yang jadi pertanyaan sekarang adalah kapan turnamen Mobile Legends M4 yang merupakan lanjutan dari turnamen Mobile Legends M3 digelar?

Kabar terbaru menyebutkan bahwa turnamen Mobile Legends M4 akan diselenggarakan pada tahun 2023 mendatang.

Hal tersebut diketahui dari sebuah video teaser yang ditayangkan di akun sosial media MPL Indonesia, dan spesialnya turnamen Mobile Legends M4 yang akan diselenggarakan tahun depan, tuan rumahnya adalah Indonesia tepatnya di kota Jakarta.

Rencananya turnamen Mobile Legends M4 akan digelar mulai tanggal 1-15 Januari 2023.

Sebenarnya Indonesia bukan pertama kalinya akan ditunjuk sebagai tuan rumah turnamen paling bergengsi di kalangan player Mobile Legends ini

Pada tahun 2021 yang lalu Indonesia sempat dirumorkan akan menjadi tuan rumah gelaran turnamen Mobile Legends M2, namun adanya pandemi covid-19 membuat rencana tersebut dibatalkan.

Seperti turnamen Mobile Legends M3, turnamen Mobile Legends M4 akan menggunakan format yang sama yaitu dengan mempertemukan 16 tim esports dari berbagai negara.

Di mana tim yang tampil di turnamen Mobile Legends M4 adalah tim yang berhasil menjadi juara di ajang M-World Championship Series.

Untuk tim Indonesia sendiri artinya yang akan mewakili di turnamen Mobile Legends M4 adalah pemenang dari turnamen MPL ID.

Untuk masalah hadiah turnamen Mobile Legends M4 hampir sama dengan total hadiah pada turnamen Mobile Legends M3 yaitu sekitar 800.000 dolar AS atau kalau dirupiahkan sekitar 11,9 miliar.

Untuk kalian yang sudah tidak sabar untuk menyaksikan kelanjutan dari turnamen Mobile Legends M3 yaitu turnamen Mobile Legends M4 yang akan digelar tahun depan sudah bisa siap-siap dari sekarang.

Karena dipastikan turnamen Mobile Legends M4 tahun depan akan lebih seru daripada turnamen Mobile Legends M3, karena sudah bisa digelar secara offline dan tentunya bisa disaksikan oleh ribuan penonton.