Lokapala Adalah Game MOBA Pertama Karya Anak Bangsa yang Menembus Dunia

Lokapala adalah game MOBA pertama buatan anak bangsa

Lokapala adalah game MOBA pertama buatan anak bangsa

Lokapala adalah game MOBA pertama buatan anak bangsa Indonesia. Game ini merupakan buatan salah satu developer game nasional yakni Anantarupa Studios. Anantarupa Studios sendiri ketika berdiri tahun 2011 di Jakarta, awalnya adalah sebuah perusahaan yang bergerak di bidang digital content.

Pada saat itu, Anantarupa Studios belum memfokuskan bisnis ke game yang menuju esports. Anantarupa Studios di awal berdiri merupakan perusahaan yang menyediakan game untuk perusahaan lainnya. Baru pada 2018, Anantarupa Studios upscale bisnisnya dari jasa penyedia game untuk perusahaan lain, kemudian bertransformasi menjadi perusahaan yang membuat game yang memiliki IP (Intellectual Property).

Anantarupa Studios sebelumnya melakukan riset. Game mobile dengan genre MOBA sangat populer beberapa tahun terakhir ini di Indonesia. Mulai dari AOV, VainGlory, dan game paling populer adalah Mobile Legends. Mobile Legends terbukti mendapatkan lebih dari 500 juta unduhan di Playstore dengan rating 3,8 pada saat tulisan ini dibuat.

Nah melihat peluang tersebut, maka Anantarupa Studio juga mulai mengembangkan game mobile MOBA bertajuk Lokapala: Saga of the Six Realms atau biasa disebut dengan Lokapala saja. Mereka ingin memenuhi keinginan masyarakat Indonesia, khususnya para gamer yang menyukai genre MOBA. Setelah berpikir matang, Anantarupa Studio akhirnya benar-benar mengembangkan game MOBA dan menjadi satu-satunya developer game yang berhasil membuat game MOBA serta esports dari Indonesia bahkan Asia Tenggara. Setelah melewati fase beta, akhirnya Lokapala resmi diluncurkan pada 20 Mei 2020 lalu.

Jadi apa itu Lokapala itu sendiri?

Lokapala adalah game mobile MOBA bertema Indonesia

Lokapala Adalah Game Moba Pertama Indonesia
Sumber: Anantarupa Studios.

Mulai dari pemilihan karakter dan nama. Semuanya diambil dari wayang, mitologi, dan makhluk mistis dari budaya Indonesia. Berdasarkan pernyataan Ivan Chen selaku CEO Anantarupa Studio, ia mengatakan bahwa Lokapala sendiri diambil dari bahasa Sansekerta yang berarti “The Guardian of Realms” alias “Penjaga Alam Semesta”. Nama tersebut juga menggambarkan para Ksatria dan Pahlawan di Lokapala yang bertugas menjaga alam semesta. Tentu saja ini adalah fakta menarik tentang Lokapala yang harus Anda ketahui, sebelum memainkan game-nya.

Lokapala adalah game MOBA seperti pada umumnya

Sebagai game mobile MOBA, Lokapala sudah memiliki fitur yang cukup lengkap. Ini membuktikan bahwa game ini dikembangkan dengan sangat baik oleh Anantarupa. Mirip dengan game MOBA lainnya, tujuan pemain adalah menghancurkan turret utama musuh. Jadi Anda tidak perlu bingung saat pertama kali memainkannya.

Pemain juga akan menemukan semacam Emas (Gold), Poin Pertempuran (Battle Points), dan Berlian (Diamond) untuk membeli pahlawan (hero) atau atribut lainnya. Bedanya, Lokapala menyebut diamond sebagai Citrine. Di layar awal interface, pemain akan menemukan empat menu utama, yaitu Persiapan (penyesuaian item dan mantra), Misi (penyelesaian quest), Yantra (semacam Emblem atau Badge), dan Ksatriya (daftar heronya). Tampilan awal pada home page Lokalapa juga sudah sangat baik sehingga sangat mudah untuk dipahami.

Kemudian, ada efek 3D pada saat hero tidak digerakan oleh pemain, maka, hero akan melihat sekeliling dan melompat di tempat. Bahkan ketika pemain hanya melihat daftar hero atau ksatria, ada juga efek 3D-nya pada setiap hero yang ingin mereka mainkan. Gamer dapat memutar tubuh hero untuk melihatnya dari semua sudut.

Lokapala adalah selayaknya game MOBA yang menggunakan jenis klasifikasi hero yang sama seperti kebanyakan game MOBA. Hero tersebut terbagi menjadi beberapa tipe yaitu Tank, Fighter, Marksman, Mage, Assassin, dan Support.

Sama seperti game kompetitif pada umumnya, ada juga sistem peringkat (ranked system) di Lokapala, ada sekitar 7 peringkat yang bisa dicapai pemain dengan meningkatkan poin di mode ranked game, 7 peringkat ini memiliki nama yang sepertinya menggunakan bahasa Sansekerta yaitu, Ardarathi, Rathi, Ekarathi, Arirathi, Maharathi, Atimaharati dan yang tertinggi adalah Mahamaharathi.

Lokapala adalah game unik dan menawarkan sesuatu yang baru

Lokapala adalah game unik dan menawarkan sesuatu yang baru ini maksudnya di sini merupakan keunggulan utama Lokapala itu sendiri. Keunggulan utama Lokapala adalah memiliki karakter dan tema Indonesia. Jadi itu, adalah sesuatu yang tidak dapat Anda temukan di game MOBA lainnya. Bagian menarik lainnya dari Lokapala adalah event dan misi harian yang ditawarkan. Untuk eventnya sendiri, Anantarupa Studios cukup rajin menghadirkan event, hampir setiap bulan selalu ada event yang berlangsung di Lokapala, dan untuk misi harian cukup mudah untuk diselesaikan.

Lokapala adalah game yang menawarkan cukup banyak hero

Lokapala adalah game yang menawarkan hero banyak

Di Lokapala setidaknya ada 25 ksatria atau hero yang bisa dimainkan. Tokoh Ksatriya berasal dari 6 loka berbeda yang tergabung dalam satu Lokapala, yaitu Narakaloka, Pretaloka, Tiraccanaloka, Manusyaloka, Asuraloka, dan Svargaloka. Di Lokapala pemain juga bisa menyewa skin yang ada, untuk bisa menyewa skin tersebut pemain diharuskan membayar dengan item bernama Citrine yang di game MOBA lain disebut diamond.

Lokapala adalah game yang terus berkembang

Hal yang menarik dari Lokapala adalah game MOBA ini juga masuk sebagai salah satu game dalam pertandingan persahabatan PON XX Papua 2021 Esports Exhibition yang digelar tahun lalu. Laga persahabatan Lokapala memang ditunggu-tunggu oleh banyak orang. Bukan tanpa alasan, Lokapala adalah game MOBA yang dibuat oleh talenta Indonesia dari Anantarupa Studios. Berbagai konten seperti karakter, skin dan event terinspirasi dari budaya lokal Indonesia. Sehingga bukan hanya sekadar permainan, Lokapala juga merupakan pendidikan budaya Indonesia bagi para pemainnya.

Tingginya aspirasi masyarakat untuk memainkan Lokapala dan dukungan kuat dari pemerintah untuk memajukan industri game lokal menjadi alasan diadakannya pertandingan persahabatan Lokapala bersamaan dengan pameran esports PON XX Papua 2021 lalu.

Lokapala pada saat tahun lalu di eksibisi PON XX Papua 2021 masih terbatas di android atau Playstore saja. Namun, sekarang sudah tersedia di AppStore iphone. Sehingga masyarakat yang penasaran ingin mencoba memainkan Lokapala bisa men-downloadnya baik dari android maupun iphone. Sebuah inovasi yang luar biasa dari Anantarupa Studios.

Anantarupa Studios juga memberikan tiga fitur baru untuk Lokapala pada tahun 2022 ini. Ketiga fitur baru itu yakni Lingam, Swap, dan Buyback. Anantarupa Studios menyatakan bahwa dengan adanya Lingam, pemain bisa mempunyai pengalaman bermain dengan strategi yang lebih luas.

Fitur Swap memungkinkan para pemain untuk bertukar Ksatriya dalam waktu tambahan di mode ban & pick setelah kedua tim selesai memilih Ksatriya. Pemain dapat melakukan pertukaran pilihan Ksatriya dengan kawan satu timnya dan hanya dapat dilakukan jika keduanya memiliki Ksatriya yang akan ditukarkan.

Ketika pemain sedang melakukan Tukar Ksatriya, mereka tidak bisa menerima ajakan atau melakukan pertukaran dengan pemain lain sebelum proses selesai. Proses menerima atau menolak Tukar Ksatriya ini berlangsung 5 detik.

Buyback

Terdapat perubahan dalam sistem Balik Sukma, di mana pemain bisa menggunakan Balik Sukma dengan menggunakan Gold, dengan harga yang bergantung pada networth Gold masing-masing pemain.

Setelah digunakan, Balik Sukma dapat digunakan kembali setelah 3 menit.

Sistem baru ini diterapkan agar dinamika yang terjadi dalam permainan menjadi lebih berimbang antara tim penyerang dan tim bertahan, sehingga tiap tim dapat bermain dengan lebih strategis.